•  
  •     
Untitled Document
» Profil

Gambar: Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado

Profil Singkat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado

Undang-undang No. 2 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang ditindaklanjuti dengan ditetapkan Peraturan Pemerintah No. 84 tahun 2000 Tentang Pedoman Organisasi kepada Pemerintah Daerah baik Propinsi, Kabupaten/Kota untuk menyusun dan menetapkan Organisasi Perangkat Daerahnya. Berdasarkan undang-undang tersebut dibuatlah Peraturan Daerah No. 12 Tahun 2000 tentang Pembentukan Organisasi Dinas-Dinas Daerah Kota Manado, yang juga mendasari dibentuknya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado melalui SK Walikota Nomor 43 Tahun 2001 Tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado.

Alamat Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado :

  1. Kompleks Gelanggang Olahraga Sario Manado (Tahun 1989 – 1997)
  2. Jl. SamRatulangi No. 13, Kel. Titiwungen Utara (Tahun 1997-2007)
  3. Kompleks Bahu Mall Kel. Bahu Lingk. I, Manado (Tahun 2007- Sekarang)

Urutan Pergantian Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado adalah sbb.:

  1. Drs. Adry F. Uwy (Tahun 1989 – 1997 / Kodya Manado)
  2. Drs. Herman Sompie (Tahun 1997 - 2000 / Kodya Manado)
  3. Ir. Greety Sumayku (Tahun 2000 – 2004)
  4. Drs. Boyke Rompas (Tahun 2004 – 2006)
  5. Dra. Jenny Sarundajang (Tahun 2006)
  6. Esther Lumingkewas, SE (Plt Kepala Dinas) (Tahun 2007)
  7. Dra. Selvie Worang (Tahun 2007 – 2009)
  8. J. A. Hosang, SE, M.Si(Tahun 2009)
  9. Ir. Ferry Siwi(Tahun 2009 - 2010)
  10. Hendrik Warokka, SPd, DEA (Tahun 2010 – 2011)
  11. Peter K. B. Assa, Ph.D(Tahun 2011 – sekarang)

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Dinas

  1. Kepala dinas mempunyai tugas membantu Walikota dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang Pariwisata dan Kebudayaan

  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala dinas menyelenggarakan fungsi :

  1. Pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pariwisata dan kebudayaan.
  2. Pembinaan dan koordinasi pelaksanaan tugas serta pelayanan administrasi.
  3. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan tertentu dalam rangka mendukungkebijakan di bidang urusan pariwisata dan kebudayaan serta otonomi daerah.
  4. Pelaksanaan pengembangan destinasi unggulan dan pemasaran pariwisata dan kebudayaan.
  5. Pelaksanaan pengawasan melekat dan pengawasan fungsional.
  6. Pelaksanaan tugas dan fungsi lain yang diberikan atasan sesuai lingkup bidang pariwisata dan kebudayaan.

Sekretariat Dinas

  1. Sekretariat Dinas dipimpin oleh seorang Sekretaris Dinas.

  2. Sekretaris Dinas mempunyai tugas membantu kepala dinas dalam mengoordinasikan pelaksanaan pelayanan tugas serta membina dan memberikan pelayanan teknis dan administratif kepada semua unsure di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris Dinas menyelenggarakan fungsi:

  1. Pembinaan serta pelaksanaan tugas dan administrasi dinas yang meliputi perencanaan,pengorganisasian dan ketatalaksanaan program, keuangan, pelaporan, kepegawaian, umum, perlengkapan, dokumentasi, hokum, data dan informasi serta hubungan antar lembaga dan masyarakat.

  2. Pengoordinasian dan pengaturan tugas unit organisasi  di lingkungan Dinas pariwisata dan Kebudayaan.

  3. Pengoordinasian dan pengaturan kerjasama.

  4. Pengoordinasian perumusan kebijakan strategic di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

  5. Pelaksanaan urusan tata usaha dinas.

  6. Pelaksanaan tugas dan fungsi lain yang diberikan oleh atasan.

Bidang Sumber Daya Pariwisata

  1. Bidang Sumber Daya pariwisata mempunyai tugas membantu kepala dinas dalam menyelenggarakan pelaksanaan tugas Sumber Daya Pariwisata.

  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimanan dimaksud pada ayat (1), Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan dan penyusunan program pengembangan, litbang dan analisis data.

  2. Penyiapan dan pelaksanaan penelitian dan pengembangan  sumber daya pariwisata dan kebudayaan.

  3. Penyiapan dan pelaksanaan penataan ruang pariwisata dan penataan objek dan daya tarik wisata.

  4. Penyiapan dan penyusunan produk hokum penataan ruang pariwisata dan penataan objek daya tarik wisata.

  5. Pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia pariwisata dan kebudayaan.

  6. Pelaksanaan pemberian akreditasi, sertifikasi bidang pariwisata, seni dan budaya.

  7. Pelaksanaan pembinaan penyuluhan sadar wisata.

  8. Pelaksanaan tugas dan fungsi lainnya yang diberikan oleh atasan.

Bidang Kebudayaan

  1. Bidang Kebudayaan mempunyai tugas membantu kepala Dinas dalam melaksanakan penyelenggaraan bidang kebudayaan.

  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Kebudayaan menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan program pengembangan, analisis data, pembinaan dan evaluasi program.
  2. Pelaksanaan kebijakan pengembangan, nilai-nilai, kekayaan dan keragaman budaya.
  3. Pelaksanaan kebijakan pelestarian dan pemanfaatan kebudayaan daerah dan nasional.
  4. Pelaksanaan pengembangan dan penetapan kebijakan pemahaman sejarah nasional, wilayah, local dan sejarah kebudayaan daerah.
  5. Pelaksanaan pengembangan pusat kesenian dan budaya, seni film dan sinetron.
  6. Pelaksanaan dan penetapan kebijakan hak kekayaan intelektual dan penghargaan/anugrah bagi insane/lembaga yang berjasa di bidang kebudayaan.
  7. Pengelolaan pelestarian objek wisata budaya.
  8. Penyiapan, penyusunan produk hokum pemanfaatan dan pelestarian seni budaya daerah dan nasional.
  9. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait lainnya sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  10. Pelaksanaan tugas dan fungsi lainnya yang diberikan oleh atasan.

Bidang Bina Industri Pariwisata

  1. Bidang Bina Industri Pariwisata mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan pembinaan industry pariwisata,

  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Bina Industri Pariwisata menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan program pengembangan, analisis data, pembinaan dan evaluasi program.

  2. Penyiapan dan penyusunan draf produk hukum usaha-usaha pariwisata.

  3. Pengelolaan, pemberian rekomendasi dan perizinan usaha-usaha pariwisata.

  4. Pengelolaan dan pemberian rekomendasi dan perizinan perfilman.

  5. Pelaksanaan pungutan retribusi usaha-usaha pariwisata.

  6. Pelaksanaan pemberian penggolongan, pengkalrifikasian dan standarisasi usaha-usaha pariwisata.

  7. Pelaksanaan pembinaan usaha-usaha pariwisata.

  8. Pelaksanaan pengawasaan  dan  pengendalian usaha-usaha pariwisata.

  9. Pelaksanaan penutupan usaha-usaha pariwisata.

  10. Pengordinasian dengan instansi terkait lainnya sesuai dengan tugas dan fungsinya.

  11. Pelaksanaan tugas dan fungsi lainnya yang diberikan oleh atasan.

Bidang Pemasaran dan Promosi

  1. Bidang Pemasaran dan Promosi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam penyelenggaraan pemasaran dan promosi pariwisata dan kebudayaan.

  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), bidang pemasaran dan promosi menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan program pengembangan, analisis data, pembinaan dan evaluasi program.
  2. Pelaksanaan kerjasama pariwisata dan kebudayaan dalam dan luar negeri.
  3. Pelaksanaan penetapan kebijakan penyelenggaraan kegiatan promosi dan pelayanan informasi pariwisata dan kebudayaan.
  4. Penyusunan dan penyiapan kajian dan analisa pasar wisatawan.
  5. Pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan kalender pariwisata, seni dan budaya sebagai upaya pemasaran dan promosi dalam dan luar negeri.
  6. Pelaksanaan  pemasaran dan promosi pariwisata dalam dan luar negeri.
  7. Pelaksanaan dan pengembangan informasi dan database pariwisata dan kebudayaan.
  8. Pelaksanaan kegiatan kehumasan dan pelayanan informasi pariwisata dan kebudayaan.
  9. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan pengembangan dan pemasaran pariwisata dan kebudayaan.
  10. Pemberian rekomendasi penyelenggaraan pemasaran dan promosi.
  11. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait lainnya sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Struktur Organisasi

    Organisasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado terdiri dari Kepala Dinas, 1 (satu) Sekretaris dan 4 (empat) Bidang, dengan susunan organisasi sebagai berikut :
     a. Kepala Dinas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado
     b.    Sekretaris Dinas

  1. Sub Bagian Keuangan, Program dan Pelaporan

  2. Sub Bagian Kepegawaian

  3. Sub Bagian Umum dan Perlengkapan

     c.    Bidang Sumber Daya Pariwisata

  1. Seksi Penelitian dan Pengembangan

  2. Seksi Penataan dan Pengendalian Ruang Pariwisata

  3. Pelatihan dan Ketrampilan SDM

      d.    Bidang Kebudayaan

  1. Seksi Pengembangan Seni da Budaya

  2. Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan

  3. Seksi Pembinaan Kesenian, Film dan Sinetron

      e.    Bina Industri Pariwisata

  1. Seksi Bina Kemitraan

  2. Seksi Pembinaan Perijinan

  3. Seksi Pengawasan dan Pengendalian

      f.    Bidang Pemasaran dan Promosi

  1. Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi

  2. Seksi Pengkajian dan Pemasaran

  3. Seksi Kalender Wisata